Ruang lingkup administrasi keuangan

Disusun oleh : popy amarita w.j

Ruang lingkup administrasi keuangan

pengertian Ruang Lingkup Administrasi Keuangan
 
      Ruang lingkup administrasi keuangan merupakan perpaduan antara administrasi dengan keuangan. Administasi berkaitan dengan proses pengelolaan, sedangkan keuangan berkaitan dengan sumber daya uang yang akan menjadi roda kehidupan usaha sehingga penggunaan harus efektif dan efisien.
Dalam ilmu administrasi keuangan dijelaskan bahwa untuk dapat menggunakan uang secara efektif dan efisien maka harus di lakukan 3 pola pengeloaan keuangan yang  meliputi:
Pembuatan anggaran belanja (budgeting) 
Melakukan pembukuan (Accouning)
Pemeriksaan keuangan (auditing)
Sedangkan administarsi keuangan tersendiri adalah proses pengelolaan keuangan yang mealibatkan hampir semua kegiatan yang berkaitan dengan keuangan, mulai dari perencanaan, pelaksanann, hingga pembuatan laporan keuangan sebagai proses akhir.

Fungsi Administrasi Keuangan

Pada umumnya, fungsi administrasi dalam perusahaan sama dengan manajemen. Hal yang membedakannya yaitu fungsi administrasi untuk menentukan tujuan paerusahaan, sedangkan fungsi manajemen lebih bersifat ke dlam kegiatan yang perlu dilaksanakan untuk pencapaiantujuan dalam batas-batas kebijaksanaan. Berikut fungsi-fungsi umum dari administrasi keuangan:
Fungsi Invetasi, meliputi pengelolaan dana kedalam aktiva-aktiva yang akan digunakan untuk berusaha mencapai tujuan tertententu.
Fungsi Mencari Dana, meliputi dua hal yaitu:
Pencarian modal yang dibutuhkan untuk mendanai operasional perusahaan atau usaha-usahayang dijalankan
Memilih sumber-sumber dana yang teoat terhadap berbagai jenis kebutuhan
Fungsi Pembelajaran, berkaitan dengan proses produksi maupun pendukung proses produksi, yang meliputi kegiatan tentang penggunaan
dana, baik dana dari luar maupun dana milik sendiri, yang dipergunakan untuk membelanjai seluruh kegiatan.
Fungsi Pembagian Laba, artinya ,dana diusahakan dari dalam perusahaan itu sendiri agar laba yang diperoleh sepenuhnya milik perusahaan dan langsung dipergunakan untuk mengembangkan usaha, tidak untuk dibagikan ke infestor luar karna dana bersumber dari luar perusahaan.

Petugas administrasi keuangan

Petugas keuangan adalah melaksanakan kegiatan administrasi pada perusahaan yang di mulai dari jurnal entri sampai dengan arsip dokumen untuk menjamin terciptanya kelancaran,keakrutan,dan ketertiban admministrasi keuangan perusahaan.

pekerjaan petugas administrasi
seorang administrassi keuangan mengawasi operasi keungan harian dan perancanaan keuangan jangka pamjang
adapun pekerjaan administrai keuangan antara lain
pengembangan proses
pelaporan
membuat pedoman yang di butuhkan untuk dan menjaga keuangan perusahaan
mengkoordinasi departemen keuangan kepegawaian
Tanggup jawab petugas administrasi keuangan
Membuat dan memeriksa dan mengarsip faktur nota supplier serta laporan AP/AR untuk memastikan status hutang piutang
Memeriksa laporan rekonlisasi untuk memastikan data terinput dengan benar
Memeriksa rangkuman kas kecil untuk memstikan penggunaan dan ketersediaan kas kecil yang efektif
Sumber:Desi anggrahini
Anis muftias
Yudhistira
Penerbit:cv putra nugraha

Komentar

Postingan Populer